Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Senin, 02 Februari 2009

PROFIL LA TANSA

SEJARAH SINGKAT
Pondok Pesantren La Tansa berdiri di sebuah lembah + 15 ha yang sekelilingnya dialiri sungai dan bukit-bukit yang menghijau, merupakan tempat tafaquh fiddien yang kondusif dan rekreatif.
Lembaga ini merupakan pengembangan Pondok Pesantren Daar El Qolam Gintung, Jayanti, Tangerang. Sebagai sebuah langkah pengembangan wawasan dan sistem pendidikan serta pengajaran yang lebih variatif dan memenuhi hajat ummat. Lahirnya Pondok Pesantren La Tansa didasarkan pada kesadaran untuk membangun sumber daya manusia yang beriman, bertaqwa, berwawasan luas, berilmu, ber-akhlakul karimah (mukminin, mutaqien dan rosyikhiin fil Ilmi).

LANDASAN FILOSOFIS
"Dan tuntutlah dengan apa yang telah diberikan Allah kepadamu Kebahagiaan Akhirat dan jangan lupa bagianmu di dunia, dan berbuat baiklah sebagaimana Allah telah berlaku baik kepadamu
dan janganlah membuat kerusakan di muka bumi, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang merusak ".(QS. Al-Qashash : 77).

V I S I
Mempersiapkan sumber daya manusia muslim yang memiliki ilmu pengetahuan yang seimbang secara bidimensional (dengan menghilangkan dikotomi duniawi dan ukhrawi) serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupan yang ihsan fi ad-darain.

M I S I
1. Mempersiapkan kader-kader muslim masa depan yang menguasai iptek, memilki daya juang yang tinggi, mampu berkreasi secara inovatif, aktif dan dinamis di atas landasan iman dan taqwa yang kuat.
2. Menkombinasikan kurikulum pesantren modern dengan kurikulum Pendidikan Nasional dalam rangka menghilangkan kesan dikotomis antara ilmu pengetahuan umum dan agama.
3. Memperluas medan juang santri meliputi seluruh aspek kehidupan dengan bekal iman sebagai landasan keyakinan, pandangan dan sikap hidup yang haq.
4. Meningkatkan kemampuan profesional dan pengetahuan tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan dan tuntutan dinamika kehidupan masyarakat.

KURIKULUM
Pondok Pesantren La Tansa menyelenggarakan kurikulum terpadu antara bidang studi umum (kurikulum Depdiknas) dan bidang studi pesantren (kurikulum pesantren) dalam satu sistem yang terpadu secara integral.

JENJANG PENDIDIKAN
1. Program pesantren 6 (Enam) Tahun :
A. SMP (Ma’had Mutawasithi) terakreditasi A SK. Badan Akreditasi Nasional No.01/BAS/MN/II/2006.
B. SMA (Ma’had Tsanawi) Terakreditasi B SK. Badan Akreditasi Sekolah No. 02/BASDA-BTN/SK/V2004.
1. Jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
2. Jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
C. SMK (ma’had Tsanawi) dengan program keahlian komputer Multimedia

2. Program 4 (Empat) Tahun :
A. Program penyetaraan Materi Pesantren & Bahasa untuk calon santri lulusan SMP/MTs
(1 Tahun); dilanjutkan
B. Program Pesantren SMA La Tansa (3 Tahun).


AKTIVITAS PENUNJANG
Dalam rangka melahirkan alumni agar lebih akurat dan memadai dalam konteks kebutuhan masyarakat luas yang heterogen, maka dilakukan kegiatan-kegiatan antara lain :
 Kajian Kitab-kitab Kuning (kitab Salaf)
 Pembinaan Tilawatil Qur’an dan Ubudiyah
 Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Arab, Inggris, Indonesia)
 Pusdiklat Komputer La Tansa
 Disiplin berbahasa Arab dan Inggris dalam komunikasi sehari-hari
 Diskusi, penelitian ilmiah dan pengembangan jurnalistik
 Kepramukaan dan Keputrian
 Pengembangan Olah Raga dan Seni (Marching Band)
 Pengembangan Tahfidul Qur’an
 Disiplin Hidup
 Ikatan Beladiri La Tansa (Panembahan Paku Banten dan Tapak Suci)

FASILITAS
Kampus santri milik sendiri, dilengkapi dengan sarana perkantoran, ruang belajar, asrama, perpustakaan, kantor OSIS (Organisasi Santri) dan KGP (Pramuka), Lab. Komputer, Lab. Fisika, Lab Kimia (Pembinaan Olimpiade, Klinik Mafikib), Lab Biologi, Lab. Bahasa, Kantin, Wartel, Tabungan Siswa, Perumahan Guru, Masjid, Dapur, Lapangan Olah Raga (Sepak Bola, Futsal, Bulu Tangkis, Basket, Voli, Tenis Meja).

WAWASAN KEILMUAN
Para santri dibina secara intensif agar memiliki kapasitas ilmu yang berimbang antara pengetahuan agama dan pengetahuan umum serta dibimbing secara ekstra dalam latihan hidup beragama dan bermasyarakat. Sehingga selepas dari Pesantren, memiliki kesiapan untuk terjun ke dalam masyarakat dalam berbagai profesi, bagi yang mampu dan memiliki kesempatan dapat meneruskan studinya ke Perguruan Tinggi Negeri ataupun swasta.

ALUMNI
Sampai saat ini Pondok Pesantren La Tansa telah meluluskan + 1520 orang alumni yang tersebar di berbagai perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, seperti, UI, ITB, UPI, UIN Jakarta, IAIN Jogjakarta, Undip, IPB, Trisaksi, Universitas Borobudur dll. Selain perguruan tinggi didalam negeri, alumni pondok pesantren La Tansa juga tersebar di beberapa universitas di luar negeri seperti, Al-Azhar Cairo, Universitas Madinah Arab Saudi dan Universitas Antar Bangsa Malaysia.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar